3 Tips Jitu Diterima Kerja Dalam Waktu 10 Menit

Sobat, keberhasilan kita dalam mendapatkan pekerjaan adalah diawali dari membuat Curriculum Vitae [CV] atau Daftar Riwayat Hidup kita menarik perhatian seorang HRD atau tidak.  CV yang kita kirimkan ke sebuah kantor atau perusahaan tersebut harus dapat menunjukkan bahwa kita adalah seorang kandidat yang memang layak untuk menempati jabatan tersebut.  Dan tidak hanya CV saja, surat lamaran kerja juga, kemudian interaksi kita pada saat wawancara, sampai dengan personal kita juga menjadi sebuah pertimbangan bagi perusahaan di merekrut karyawan-karyawan mereka.  Sobat dapat percaya atau tidak, bahwa kita dapat diterima kerja atau tidak dalam pekerjaan tersebut, hanya memerlukan waktu 10 menit.

1.   CV Sebuah Langkah Awal Yang Menentukan

Sobat, terdapat puluhan dan bahkan ratusan Daftar Riwayat Hidup atau CV yang diterima oleh HRD ketika terjadi rekruitmen. Dan HRD hanya mempunyai waktu beberapa detik untuk  melihat CV tersebut. Nah, solusi awal untuk menampilkan diri kita yaitu melalui surat lamaran kita tersebut dan juga CV yang kita kirimkan.  Kita harus mengusahakan agar dalam membuat surat lamaran dan CV tersebut kelihatan profesional dengan tips kita harus menggambarkan dengan detail riwayat pekerjaan kita, dan juga kemampuan yang kita miliki, serta kualifikasi umum kita dan harus sesuai dengan kriteria lowongan kerja. Kita harus mengikatkan kesempatan agar dapa dipanggil ke tahap test selanjutnya dengan cara membuat Daftar Riwayat Hidup [CV] yang disesuaikan dengan kualifikasi karyawan yang dibutuhkan. Detailnya di 5 Hal Paling DIbenci HRD dalam CV Pelamar Kerja.

2.    Perhatikan Penampilan Saat Wawancara

Sobat, kesan pertama dalam wawancara kerja adalah sangat sangat menentukan sekali. Ketika kita salah menggunakan kostum atau bisa jadi tidak rapi akan membuat nilai diri kita jatuh di mata pewawancara dan hal ini bisa terjadi dalam waktu beberapa detik saja. Dan kita harus memperhatikan hal  di bawah ini agar interview kita berjalan dengan lancar.

#Sepatu

Kita harus memakai sepatu yang bersih  dan sepatu tersebut terbebas dari debu ataupun kotoran apapun juga. Kita harus memilih warna sepatu hitam atau warna sepatu netral seperti warnai abu-abu tua ataupun warna biru dongker. Khusus untuk laki-laki atau pria, kita harus mengusahakan untuk menggunakan sepatu yang harus senada dengan warna pakaian kita secara keseluruhan. Dan bagi wanita, kita harus memakai sepatu yang harus bisa menutupi jari-jari kaki, dan apabila kita memilih untuk menggunakan sepatu berhak,  kita harus memilih yang tinggi sepatu tersebut  kurang dari 3 inci, hal ini digunakan untuk menghindari kita, agar nantiknya tidak kesulitan dalam berjalan.

#Aksesori

Sobat, untuk pria diusahakan agar hanya memakai jam tangan saja dan boleh ditambah dengan cincin pernikahan untuk aksesori. Dan untuk wanita wanita harus diusahakan agar tidak menggunakan aksesori yang berlebihan. Pakailah anting mutiara, dan jam tangan, kemudian kalung adalah sudah cukup.

#Pakaian

Sobat, pakaian berkerah adalah merupakan pakaian yang mempunyai efek untuk meningkatkan kepercayaan terhadap diri kita.  Dan lebih bagus lagi apabila di dipadukan dengan blazer yang sangat cocok.  Kita harus menghindari untuk menggunakan sebuah blazer yang berwarna hitam, karena hal ini akan memberikan efek bahwa kita terlalu serius atau memberikan efeek suram. Dan sebagai alternatif lainnya adalah kita harus memilih warna gelap yang lain, seperti biru dongker atau abu-abu.  Kita jangan sampai lupa lupa untuk memperhatikan kerapian pakaian yang kita pakai tersebut.  Kita jangan sampai terlihat kusut  atau juga berantakan dan tidak tertata dengan baik.

3.    Tingkah Laku Juga Menentukan

Sobat, kita wajib untuk memperhatikan semua tingkah laku kita ketika test interview atau wawancara.  Sobat, sekecil apapun tindakan kita tersebut, seperti ketikan berbicara dengan perusahaan di telepon, bagaimana ketika kita pertama kali untuk menginjakkan kaki yang pertama di perusahaan yang kita lamar, sampai dengan cara kita berjabatan tangan dengan orang yang mewawancarai kita tersebut.

error: Content is protected !!