5 Kebiasaan Produktif Pembunuh Kesuksesan

Seorang pengusaha sangat diharapkan bisa mengerjakan segala sesuatu dan dapat menjadi apa saja setiap waktu. Hal tersebut merupakan bagian dari bisnis, dan ini paling utama dilakukan pada saat kita pertama kali memulainya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang kelihatannya merupakan kegiatan produktif, namun dapat benar-benar membunuh kesuksesan kita untuk jangka yang panjang.

Dan berikut adalah 5 kebiasaan yang kelihatannya produktif, akan tetapi malah bisa membunuh kesuksesan dalam jangka panjang kita. Cobalah kita melakukan introspeksi diri dengan tujuan untuk memastikan bahwa kita tidak melakukan kesalahan-kesalahan di bawah ini, seperti dikutip dar situs entrepreneur berikut ini :

1. Hanya fokus bekerja dan tidak pernah bermain

Sobat, beberapa teman merelakan untuk meninggalkan apa yang mereka senangi dan berhenti untuk bersenang-senang, dan ini hanya disebabkan karena mereka menginginkan untuk membangun bisnis mereka tersebut. Dan apa alasan mereka melakukan hal tersebut? Apakah disebabkan karena  kreativitas?

Sebuah kreativitas itu bersumber  dari tempat dan ruang bermain. Sebuah inovasi hadir melalui kreativitas. Apabila kita tidak meluangkan waktu agar dapat menemukan kreativitas tersebut, yaitu waktu untuk bermain dan untuk mengerjakan beberapa hal di luar tugas bisnis kita dan di luar pekerjaan kita tersebut, maka kita akan mulai kehilangan daya dan kreatifitas kita. Kreatifitas lahir dari sebuah ruang yang lebih cair dan dinamis dibandingkan hanya bekerja sendiri.

2. Bekerja berjam-jam berarti hasil yang besar?

Bekerja dengan waktu berjam-jam dan begitu terus setiap hari dalam jangka seminggu di kantor tidak akan pernah membawa hasil nyata. Janganlah memaksa seorang staf kita untuk selalu berada di kantor, jika hal tersebut memang tidak perlu. Berikanlah contoh pada staf kita tersebut agar dapat memanfaatkan waktu mereka seefektif dan seefisien mungkin di kantor, sehingga hal tersebut menjadikan mereka dapat melakukan aktivitas lain di luar kantor.

Kita juga harus memperalajari tentang efisiensi waktu dan belajar juga tentang pengukuran produktivitas tim kita sebab hal teersebut akan dapat berdampak pada kemajuan perusahaan kita.

3. Multitasking

Sobat, janganlah multitasking! Dengan melakukan ini maka, pekerjaan kita akan terganggu, apabila kita tidak fokus terhadap hal tersebut. Lakukanlah sebuah pekerjaan dalam suatu waktu tertentu, lakukanlah hal tersebut dengan baik dan setelah itu kemudian kitamengerjakan tugas selanjutnya.

4. Tidak percaya pada staf yang bekerja di luar kantor

Sebagai sebuah perusahaan startup, tim kita bisa saja berperan ganda, dapat menjadi vendor, freelancer, konsultan dan bantuan outsourcing. Sobat, kita jangan sampai pernah berasumsi bahwa hanya karena mereka tidak berada di kantor, mereka itu tidak bekerja. Kita harus mempercayai staf kita atau jangan pernah sekali pun mempekerjakan mereka.

5. Melakukan segalanya sendirian

Tidak ada gunanya kalau kita memilih  sebuah tim namun kita harus melakukan semuanya sendiri. Hal tersebut tak akan membuat kita menjadi seorang pimpinan yang baik atau pengusaha yang baik. Kita wajib belajar bagaiamana agar kita dapat mendelegasikan pekerjaan kita kepada orang yang sesuai. Janganlah kita menangani semuanya sendirian, hanya disebabkan karena kita merasa tidak percaya pada tim kita.

Sobat, memang ada beberapa kebiasaan yang kelihatannya sangat produktif, namun dapat menjadikan sumber pembunuh kesuksesan kita dalam jangka panjang. Oleh karena itu, janganlah melakukan 5 kegiatan tersebut di atas, apabila kita menginginkan usaha kita hancur.

Dan ada juga kebalikan dari kegiatan di atas, yaitu 5 kebiasaan buruk yang dapat melejitkan karir.

error: Content is protected !!