5 Pertanyaan Super Aneh dalam Tes Wawancara Kerja Sebagai Pembaca Kepribadian

Sobat, wawancara seringkali menjadikan seseorang yang akan menjalani tes tersebut jadi deg-degan. Tidak hanya permasalahan penampilan serta performa yang cukup meyakinkan, akan tetapi sebuah pertanyaan interview yang cukup mematikan dan dapat menjebak dan kita harus menyiapkan jawabannya.

Kejadian tersebut memang sangat sering menjadikan trik psikologis yang dipergunakan di dalam sebuah test wawancara kerja. Ada yang menggunakannya untuk mengetes kekuatan mental kerja kita dan ada juga yang ingin menggali lebih dalam mengenai pribadi kita.

Seringnya pertanyaan ini agak unik dan aneh, tapi cukup menentukan apakah kita diterima atau tidak dalam pekerjaan itu. Nah, berikut ini beberapa pertanyaan unik yang sering muncul saat sedang interview.

1. Apabila Anda menjadi superhero, Anda ingin menjadi siapa dan mengapa demikian?

Sobat, pertanyaan seperti disebutkan di atas tersebut dapat menunjukkan bahwa kekuatan dan intelektualitas kita. Pahlawan super yang merupakan idola kita menunjukkan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang ada pada inner beauty kita.

Selain hal tersebut di atas, jawaban kita juga menunjukkan tentang sikap kita terhadap sebuah tanggung jawab. Bagaimanakah kita ingin dilihat oleh orang lain, bagaimana kita menginginkan untuk dihargai dan sejauh mana usaha kita tersebut di dalam melakukan sesuatu.

Sobat, kita pasti mempunyai superhero idola. Apakah itu pahlawan sewaktu masa kecil, tokoh yang berpengaruh ataupun juga  pahlawan di dalam sejarah.

2.  Anda punya waktu 15 menit untuk menjelaskan apa yang bisa dilakukan dengan batu-bata ini.

Sobat, seseorang yang kreatif tentu saja tidak akan ditempatkan pada posisi dengan job descripsi yang rutin dan membutuhkan ketelatenan. Pertanyaan tersebut di atas dapat menunjukkan bahwa kita orang yang pasif ataukah orang yang aktif.

Sebuah kreativitas dan inisiatif dapat juga dilihat dari jawaban kita tersebut. Dan bagaimanakah kita menghabiskan waktu untuk menjelaskan dan reaksi kita terhadap sebuah masalah. Apakah Anda cepat menemukan solusi atau butuh waktu untuk berpikir, semua bisa dilihat dari jawaban kita terhadap pertanyaan semacam ini.

3.  Dalam 3 menit, sebutkan sifat baik apa yang tidak Anda miliki.

Percaya terhadap diri sendiri dapat dilihat dari penampilan kita, akan tetapi tidak akan menyeluruh. Oleh karena itu dengan pertanyaan tersebut, interviewer dapat menilai terhadap ‘celah-celah yang kita tutupi’.

Sebuah kebiasaan kita juga dapat terlihat dari jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Intervier dapat mengetahaui tentang sikap, manajemen waktu, kooperasi dengan orang lain dan sejenisnya dari jawaban kita tersebut. Dan kita tidak harus mengarang jawaban terhadap pertanyaan ini.

Bersikaplah fair ketika kita menjawab pertanyaan semacam ini dapat menjadikan kita memperoleh pekerjaan dan posisi yang lebih kondusif sesuai dengan keinginan kita. Walaupun ada juga yang hanya menanyakan pertanyaan seperti ini sebagai sebuah formalitas saja untuk mengenal kita secara umum.

4. Kalau Anda adalah binatang, jenis apa yang paling sesuai menggambarkan Anda?

Sobat, binatang mempunyai sifat yang mudah untuk dikategorikan. Oleh karena itu dengan pertanyaan tersebut, seorang interviewer dapat memperoleh informasi bagaimana kita melihat diri kita sendiri.

Sobat, cara menilainya dapat dilihat dari seberapa besar dan kecilnya hewan tersebut, sifat alamiah dari hewan tersebut dan kebiasaan hewan. Sebagai contoh binatang kecil dan lucu seperti kelinci tersebut menunjukkan bahwa kita adalah orang yang tidak agresif.

Seperti apakah tipikal kita yang tidak menyukai terhadap tekanan, minder, dan pemberani ataupun suka terhadap tantangan, juga dapat terlihat dari jawaban kita terhadap pertanyaan sederhana ini.

5.  Kalau Anda menjadi pimpinan di perusahaan ini, bagaimana Anda akan menjalankannya?

Sobat, apabila kita mendapatkan pertanyaan sepert ini, maka hal tersebut memperlihatkan jiwa kepemimpinan dalam diri kita. Selain hal tersebut, hal ini juga memperlihatkan bagaimana kita bekerja secara tim dan sikap kita akan mendominasi atau cukup demokratis dalam bekerja.

Sobat, kita mendominasi atau tidak bukan merupakan hal yang salah. Karena hal bila perusahaan tersebut membutuhkan seorang pemimpin yang asertif, biasanya perushaan tersebut tidak mempermasalahkan dengan calon karyawan yang sangat ambisius dan sangat berkemauan keras.

Pemikiran kita yang terstruktur dan visi misi kita di dalam bekerja dapat dinilai dan ditunjukkan dari sini. Apakah kita merupakan seorang yang statis, ataukan kita seorang yang taat aturan atau berani out of the box.

Baca juga 5 pertanyaan Yang paling sering muncul dalam test wawancara kerja.

error: Content is protected !!