5 Pertanyaan Yang Paling Banyak Muncul Ketika Wawancara Kerja dan Jurus Menjawabnya

Sobat, agar dapat diterima kerja di perusahaan yang kita inginkan tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan ijasah kita ataupun juga dengan nilai transkrip yang tinggi. Sebuah penampilan menarik ketika test intervewi juga sangatlah perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan. Jawaban kita yang meyakinkan ketika proses wawancara tentu saja menjadi sebuah bahan pertimbangan  utama oleh perusahaan yang melakukan pengetesan. Oleh karena itu, kita harus mengenali pertanyaan apa saja yang paling banyak muncul ketika proses wawancara kerja seperti dikutip dari situ sonlin forbes. Baca juga 4 Tips Super Hebat Agar Segera Dapat Kerja.

1.    Apa Pengalaman Kerja Sebelumnya?

Sobat, pengalaman kerja kita menjadi sebuah pertanyaan yang paling sering ditanyakan ketika proses wawancara kerja. Kita harus menceritakan apa pekerjaan kita pada saat test interview di perusahaan tersebut. Kita harus bercerita bagaimana kita berhubungan dengan teman kerja kita di perusahaan lama tersebut, prestasi dan keberhasilan kita di perusahaan lama kita dan bagaimana kita melakukan hubungan dengan bos kita di kantor  lama.

Bagi sobat yang masih fresh graduate, kita dapat menceritakan aktivitas kita ketika di kampus atau sekolah. Kegiatan organisasi apa saja yang pernah diikuti dan bagaimanakah kita berhubungan  dengan orang-orang sekitar kita.

2.    Apa Prestasi Terbesar Yang Pernah Diperoleh?

Sobat, pada umumnya sebuah prestasi akan menjadi satu bagian yang akan dipertanyakan dalam test interview, dikarenan hal tersebut dapat menjadikan perusahaan menjadi tahu tentang seberapa besar kemampuan kita. Kita harus memberikan jawaban yang cukup meyakinkan pada perusahaan tersebut tentang prestasi-prestasi kita yang pernah kita raih. Kita harus meneritakan bahwa di pekerjaan kita sebelumnya. Kita bisa meningkatkan keuntungan kepada perusahaan dan juga melakukan hal paling baik selama kita bekerja. Kita harus menawarkan pula prestasi tersebut untuk perusahaan tersebut ketika kita nantinya diterima menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

3.    Bagaimana Gambaran Tentang Diri Anda?

Sebuah gambaran tentang diri kita merupakan sebuah pertanyaan yang sering sekali diberikan pada waktu wawancara kerja. Kita harus memberilah jawaban dengan tenang tentang gambaran diri  kita tersebut. Kita harus menggambarkan bahwa diri kita merupakan seorang yang pekerja keras, teliti, termotivasi untuk lebih maju, dan orang yang sangat disukai oleh rekan-rekan kerja. Kita harus memberilah jawaban yang jujur, karena jawaban jujur tersebut akan meyakinkan perusahaan untuk merekrut kita.

4.    Kelemahan Terbesar?

Sobat, sebuah kelemahan adalah merupakan satu dari beberapa pertanyaan yang hampir selalu ada di setiap proses wawancara kerja. Pertanyaan ini bisa jadi merupakan bahan bagi perusahaan untuk mempertimbangkan kita secara mendalam. Kita harus selalu memberikan jawaban  yangjujur namun juga strategis untuk mengantisipasi pertanyaan semacam ini. Misalnya saja kita mengakui bahwa kita adalah orang yang sering lupa. Sifat kita yang sering lupa di sini memberikan gambaran bahwa kita sering melupakan waktu ketika kita sedang asyik untuk bekerja. Kita harus mengatakan juga bahwa kita merupakan seorang yang sabar dan dapat melewati segala macam tekanan ketika bekerja.

5.    Mengapa Memilih Posisi Ini?

Sobat, posisi kerja merupakan bagian yang sangat sering ditanyakan oleh perusahaan  mengetahui seberapa besar motivasi kita dalam mengambil posisi tersebut. Kita harus memberikan jawaban yang cukup strategis terhadap pertanyaan ini. Motivasi yang tinggi serta keyakinan bahwa kita pasti akan  mampu di posisi tersebut dapat menjadikan dorongan bagai perusahaan menerima lamaran kerja kita.

Sobat, kita harus menjawab 5 pertanyaan di atas dengan baik dan benar.  Dan jangan sampai kita terjebak oleh 4 kalmat terlarang dalam wawancara kerja.

 

error: Content is protected !!