5 Trik Super Rahasia Bagaimana Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Sobat, mengerjakan segala sesuatu untuk pertama kali merupakan hal yang mungkin sulit, tak terkecuali juga untuk membuat sebuah surat lamaran yang tampaknya begitu mudah. Hal ini mengingat bahwa dalam selembar surat lamaran inilah masa depan kita tersebut ditentukan.

Rata-rata perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, menilai bahwa surat lamaran merupakan  sesuatu yang sangat penting. Oleh karenanya, ada baiknya kita menuliskannya dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah 5 tips dalam menulis surat lamaran yang baik dan benar :

1. Jangan salah tujuan

Sobat, pastikan bahwa kita menuliskan nama perusahaan atau lembaga yang dituju dengan benar. Lengkapilah juga kepada siapa surat lamaran itu ditujukan (misalnya: direktur utama, supervisor, manager) dengan cara menuliskan nama lengkap dan jabatan secara spesifik.

2. Tidak bertele-tele

Yang kedua, tuliskanlah surat lamaran dengan cara singkat dan padat. Pergunakanlah  bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Dan akan lebih baik apabila surat lamaran kita tersebut hanya satu lembar saja.

3. Rapi dan bersih

Sobat, tuliskanlah surat lamaran tersebut dengan mempergunakan program komputer (microsoft word) dengan menggunaka standar penulisan ilmiah (jenis huruf Times New Roman , ukuran 12, spasi 2, dan sebagainya).

Jika Sobat menggunakan tulisan tangan, kit harus menghindari coretan dan penggunaan penghapus, seperti tip-ex atau sejenisnya. Kondisi kertas surat lamaran pun wajib bersih dan rapi.

4. Perhatikan isi

Beberapa hal yang wajib ada dalam surat lamaran yaitu:

– Salam pembuka

– Pembukaan ini dituliskan dengan menyebutkan di mana kita mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut (media massa, iklan, keluarga, situs lowongan kerja online atau teman).

– Penjelasan mengenai kegiatan atau pekerjaan kita sekarang ini

– Pendidikan yang kita miliki

– Penutup yang didalamnya isinya termuat sebuah keinginan kita untuk bergabung di perusahaan yang kita lamar tersebut. Tuliskanlah juga kapan saat yang terbaik kita dapat dihubungi untuk proses selanjutnya.

– Salam penutup

5. Baca ulang

Kita wajib membaca ulang surat lamaran tersebut dan kita harus memastikan bahwatidak ada kesalahan dalam ejaan, kata-kata yang diulang-ulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar ) yang salah.

Anda dapat memperoleh contoh surat lamaran yang sesuai kriteria di atas di http://lokersurat.com/contoh/surat-lamaran-kerja

error: Content is protected !!