6 Ciri Khusus Anda Menyebalkan di Kantor

Eitt, tunggu dulu, jangan marah dulu sobat, kita tidak asal tuduh lho… Mohon pikirkanlah lagi apakah Sobat mempunyai kebiasaan-kebiasaan kecil yang memang agak tidak wajar dilakukan? Apakah sobat sudah pernah melakukan satu hal yang tidak disadari dan mengakibatkan teman-teman menjauh? Sebelum merasakan teman kerja mem-bully dengan berbagai acar, termasuk menjauhi kita,

Yukkk periksa dahulu apakah kita termasuk dalam kriteria orang yang menyebalkan di kantor. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan sebenar-benarnya jawaban…

6    Tanda Apakah Sobat Menyebalkan di Kantor

1. Berantakan ketika makan atau berisik ketika mengunyah makanan?

Sobat perhatikanlah dan jagalah baik-baik etika dan cara makanmu, apalagi ketika makan bersama dengan rekan kerja atau atasan kita. Bahkan apabila kita hanya makan sendiri di pantry atau di meja, tata cara makan yang betul dan rapi tetaplah berlaku. Coba bayangkan betapa tidak enaknya makan dengan rekan kerja lain yang bersuara ketika mengunyah makanan, atau bersendawa dengan sembarangan. Tidak peduli betapa lezat dan enaknya makananmu, selalu ingatlah untuk makan dengan rapi dan sopan.

2. Membiarkan orang lain membereskan sampahmu?

Ini merupakan  aturan sederhana yang sangat mendasar sekali. Saat kita sudah selesai makan di dapur, taruhlah piring kotor pada tempat yang sudah disediakan atau buanglah kertas bungkus makanan kita di tempat sampah yang telah disediakan. Dan jangan membiarkan sampah sampai menumpuk di atas meja, di atas meja teman kerja, atau di mana saja dengan tujuan nanti orang lain akan mengambil dan membuangkannya untuk kita.

3. Selalu memilih “reply to all” di group email?

Sebuah group email merupakan salah satu cara berinterksi yang praktis dan sangat efisien untuk memberikan informasi pada sebuah divisi kita. Di dalam beberapa kasus, menggunakan cara “reply to all” dapat terasa mengganggu, akan tetapi di pada sisi lain memang diperlukan.  Akan tetapi, apabila kita hanya ingin mengucapkan terima kasih, kirimkanlah hanya kepada orang yang kamu tuju. Jadinya, orang-orang lain di grup tersebut merasa tidak terganggu dengan junk mail yang kita kirimkan.

4. Mengganggu teman kantor ketika mereka sedang bekerja?

Kita harus berpikir dua kali untuk mengajak teman kita mengobrol, apakah pertanyaan yang ada hubungannya dengan pekerjaan atau hanya mengobrol tentang sinetron tadi malam.  Perhatikanlah secara baik-baik apakah mereka sedang dalam kondisi santai atau sedang fokus dengan pekerjaannya. Hindarilah menjadi orang yang suka mendistraksi dan menginterupsi teman-teman kantor yang dalam konsentrasi dengan pekerjaannya.

5. Bicara keras-keras atau berisik?

Merupakan hal yang tidak mungkin apabila sebuah kantor sunyi-senyap setiap saat, karena hal itu sudah pasti menjadikan suasana yang menyebalkan dan membosankan. Akan tetapi, terus menerus mendengar suara tawa, obrola, bercanda, atau bernyanyi keras-keras tentu saja akan mengganggu dan sangat menyebalkan.

Ingatlah, bahwa orang-orang di sekitar kita membutuhkan ketenangan dan konsentrasi pada saat bekerja, karenanya kegaduhan yang kita timbulkan dapat saja sangat mengganggu.

6. Menyerbu ruangan atau kubikel orang lain tanpa izin?

Walaaupun pegawai-pegawai di kantor menempati kubikel-kubikel yang terbuka, hal itu bukan berarti bahwa kita bisa “mengundang” diri kita ke kubikel rekan kerja teman kapan pun kita menginginkannya. Hormatilah privasi karyawan lain. Adalah sangat menyebalkan apabila kita selalu nongkrong di kubikelnya, memeperhatikan apa yang sedang dilakukan teman kita, atau bahkan mengambil barang-barang tanpa mendapatkan  izin. Tata krama yang sama berlaku juga apabila ingin memasuki ruangan seseorang. Pertama, ketuk dulu pintunya, kemudian barulah kita masuk.

6. Tetap masuk biarpun sakit?

Mungkin bagi kita ini aalah dedikasi, akan tetapi rekan-rekan kerja yang lain sangat pasti akan malas mendengar Sobat membuang ingus, batuk dan berdahak, serta bersin-bersin setiap waktu.  Palign tidak gunakanlah masker supaya tidak menulari  rekan-rekan sekantor yang lain, dan janganlah meletakkan tisu-tisu bekas ingus tersebut tersebar di atas meja. Apabila penyakit kita tersebut benar-benar menular, izinlah untuk tidak masuk kerja agar tidak menulari teman kerja kita.

error: Content is protected !!