6 Hal Terlarang Ketika Negosiasi Gaji dalam Wawancara Kerja

Sobat, ketika kita memperoleh pekerjaan, ataupun juga membuat sebuah kesepakatan bisnis baru dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik, akan tetapi tidak dengan sebuah negosiasi. Proses negosiasi tersebut dapat menegangkan, dan ini sangatlah mudah untuk membuat sebuah kesalahan. Nah, sebelum kita melakukan negosiasi gaji,  akan lebih baik apabila kita perhatikan 6 kesalahan umum pada saat proses negosiasi gaji, seperti dikutip dari news com.au di bawah ini :

1. Kurang percaya diri

Sobat, kebanyakan orang orang berpikir, mereka harus menunjukkan kepercayaan diri mereka dengan menggunakan cara tertentu, misalnya bersikap keras, kurang ajar, demi sebuah keberhasilan dalam negosiasi. Akan tetapi, tentu saja orang lain berfikir bahwa kita harus mempunyai banyak pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi seorang negosiator yang handal. Dan pada umumnya, hanya dibutuhkan sebuah keuletan dan persiapan yang matang untuk dapat memastikan bahwa kita dapat mencapai istilah yang kita inginkan, mengantisipasi keberatan, dan mengetahui ‘tombol panas’ ketika beresonansi dengan lawan.

2. Berpikir sesuatu tidak bisa dinegosiasikan

Sobat, apabila kita berfikir ala negosiator, maka semua hal dapat dinegosiasikan! Pola piker seperti ini wajib kita jalankan bukan hanya untuk menjadi negosiator yang handal, aken tetapi juga seorang negosiator yang terbaik.

3. Tidak membangun hubungan awal

Sobat, membangun sebuah hubungan merupakan kunci utama agar sebuah negosiasi menjadi berhasil.  Akan tetapi, hal ini bukan hanya sekedar membagi-bagikan kartu nama. Terus apa yang harus kita lakukan? Pelan-pelan tetapi past, hubungan pribadi dengan orang-orang, dan lebih banyak belajar tentang mereka. Dengan melakukan hal yang  demikian itu, kita bisa menjadikan sebuah negosiasi lebih bermakna untuk semua orang yang terlibat.

4. Tidak meminta apa yang anda inginkan

Sobat, apabila kita tidak meminta apa yang kita inginkan, hal tersebut akan berakibat kita tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untukbisa memperolehnya. Sementara itu untuk menghadapi penolakan sangatlah sulit, karena hal tersebut menjadi sebuah kesalahan besar yang akan menghambat kita dalam negosiasi. Nomor 3 dalam 6 kesalahan umum yang sering muncul pada saat proses negosiasi gaji ini harus diperhatikan.

5. Berbicara terlalu banyak

Sobat, apabila kita bernegosiasi, kita wajib menjelaskan dari sisi kita dan harus memamparkan  pidato Anda.  Akan tetapi terlalu banyak berbicara benar-benar dapat menjadi penghancur yang serius.

6. Tidak mendokumentasikan

Sobat, kita wajib benar-benar mendokumentasikan semua hal yang terjadi selama kita bernegosiasi dengan tujuan untuk menghindari masalah di masa depan.

Sobat, bagi Anda yang baru lulus kuliah/sekolah baca 5 Jurus Paling Jitu Negosiasi Gaji Bagi Fresh Graduate

error: Content is protected !!