6 Tips Sakti Membuat Karyawan Loyal pada Perusahaan

Sobat, salah satu masalah besar yang sering dialami oleh pimpinan sebuah perusahaan sekarang ini bukanlah mencari karyawan baru, akan tetapi bagaimanakah menjadikan  karyawan loyal kepada perusahaan. Sebab, pada saat karyawan selau berganti-ganti, perusahaan tentu saja akan kehilangan banyak waktu untuk mendidik karyawan baru.

Terus, bagaimanakah caranya membuat karyawan loyal pada perusahaan ?

Kunci utamanya yaitu pada trik menjalin hubungan baik serta menjadikan karyawan betah berada di perusahaan. Para bos perusahaan harusnya mengubah langkah mereka memperlakukan karyawannya dengan 6 tips berikut ini.

1. Lakukan acara penyambutan!

Bukan penyambutan besar-besaran, akan tetapi simple dan menyentuh.  Coba bayangkan, suat saat seseorang mengambil keputusan berhenti dan meninggalkan perusahaan, seringkali karyawan lain akan merancang sebuah acara perpisahan dan pemberian hadiah bisa berupa kado atau lainnya. Mengapa perusahaan tidak memperlakukan karyawan di hari pertamanya kerja menggunakan cara yang sama? Kita dapat menempatkan kartu selamat datang di meja kerjanya, dan kartu ini ditandatangani oleh rekan satu tim, sebagai sebuah penyambutan di tempat kerja yang baru.

Bahkan kartu ucapan tersebut pun dapat menjadikan karyawan mempunyai harapan dan seketika langsung loyal pada perusahaan. Sekali Sobat menyentuh hatinya, karyawan tersebut akan memberikan balasan berupa apa yang ia miliki sampai batas maksimalnya. Di minggu pertama kerja, juga tidak bermasalah apabila meminta rekan kerjanya untuk mendampingi makan siang misalnya. Inti utamanya adalah agar ia merasakan suasana kerja yang sangat nyaman dan merasa diterima dengan baik di tempat yang tepat.

2. Jadilah bos yang baik

Sobat, salah satu alasan utama di balik pengunduran diri seorang karyawan adalah karena faktor pimpinan. Oleh sebat itu, pimpinan perusahaan wajib berinteraksi dengan karyawan dan yang pasti adalah saling menghargai satu sama lain. Apabila terjadi suatu masalah, maka dengarkanlah dengan simpati dan berikanlah masukan atau feedback . Kelihatannya ini adalah langkah sederhana, akan tetapi mempertahankan karyawan adalah lebih baik sebelum dia berpindah ke perusahaan saingan kita.

3. Berbagi nilai yang Anda miliki

Selain manjadi bos yang baik, tak ada salahnya berbagi nilai atau tujuan yang kita miliki. Dengan berbagi tersebut, maka karyawan juga mengetahui apa yang harusnya ia jaga dan capai. Baik dari sisi bisnis perusahan, prinsip serta bagaimana langkah perusahaan menjalani bisnis. Dengan demikian, baik Sobat sebagai bos dan karyawan sama-sama dalam satu wadah menuju visi dan misi yang sama.

4. Beri karyawan hal positif yang akan selalu ia ceritakan

Sobat, orang lain akan bercerita apa saja tentang pekerjaannya, baik itu dengan teman, sahabat, ataupun juga keluarganya. Apabila cerita yang ia kabarkan merupakan cerita yang positif, maka akan membuatnya menjadi lebih bersemangat di dalam bekerja. Nah, cerita seperti apakah itu? Misalnya, perusahaan memberikan sarapan gratis bagi karyawan setiap hari Jumat, atau dana yang digunakan untuk langganan internet bulanan. Hal-hal sekecil itu dari perusahaan akan menjadi sebuah cerita yang sangat menarik buat karyawan dan akan dia kabarkan ke orang-orang terdekatnya. Semakin banyak hal yang menarik di tempat bekerja, semakin dia menjadi loyal.

5. Bantu jaga kesehatan karyawan

Berikanlah gaya hidup sehat dan beri karyawan contoh yang baik. Apabila karyawan sehat dan fit, maka mereka akan menjadi lebih produktif dan penuh energi positif untuk mengatasi berbagai macam jenis pekerjaan. Hal ini bisa juga dengan mengadakan progam khusus seperti membuat tim badminton atau team futsal di kantor. Beberapa dari mereka tentunya akan tertarik, dan ini juga sekaligus membangun sebuah teamwork yang sangat baik di perusahaan. Sobat tentu akan mempunyai tim yang bugar dan sehat baik secara fisik dan juga secara mental.

6. Seimbang antara pekerjaan dan rekreasi

Tunjukkanlah kepedulian perusahaan kepada karyawan dengan cara membuat aktivitas yang beragam. Selain dengan membuat olahraga yang tentu saja menyehatkan, dapat juga juga dengan outing sekali sebulan, atau juga hal lain yang menunjukkan bahwa perusahaan sangat peduli pada karyawan.

Langkah nomor berapakah yang sudah dilakukan perusahaan kepada karyawan? Apabila belum ada, alangkah baiknya Sobat mulai membuat hal-hal kecil yang membuat karyawan jadi loyal pada perusahaan . Berikanlah mereka alasan untuk bertahan, dan inilah yang pada akhirnya akan menjadikan mereka sebagai aset perusahaan yang utama.

error: Content is protected !!